Rabu, 22 Februari 2012

FW:

Lebih jauh tentang Jadwal MP-ASI


diadaptasi Anung Nur Rachmi – tabel yang dikeluarkan Depkes pada tahun 80an hingga 90an

Siang ini saya memberikan link tentang makanan yang harus diberikan pada anak 6 bulan di Facebook. ternyata mendapat tanggapan menarik dari Bu Anung Nur Rachmi. Beliau malah sharing jadwal makanan di atas yang ternyata sudah ada sejak tahun 80an. Semoga cukup jelas.

Pemberian makanan tambahan HARUS dimulai dengan buah yang dilumatkan. Kenapa? karena usus bayi ketika dilahirkan belumlah sempurna, karena beberapa bulan pertama kehidupannya adalah masa pematangan usus. Itu sebabnya dia hanya boleh diberi ASI, sebab memang ususnya baru bisa mencerna ASI saja. bahaya sekali memberi makanan lain pada bayi usia di bawah 4 bulan.
Tapi setelah itu, ususnya sudah siap diperkenalkan dengan buah. Kenapa harus buah, sebab buah adalah makanan yang paling mudah dicerna oleh usus, hanyaperlu waktu 15-30 menit sudah selesai dicerna oleh lambung dan langsung turun ke usus halus untuk diserap ke dalam darah.
Agak bahaya kalau setelah ASI eksklusif makanan tambahan yang diberli adalah langsung bubur susu (Cerelac dkk), sebab usus bayi sebetulnya belum siap mencerna karbohidrat.
Dulu pada tahun 80-90an, ketika seorang ibu melahirkan di bidan atau RS, kita2 masih dibekali dengan tabel jadwal makan bayi oleh pihak bidan atau RS. Sekarang memang tabel semacam itu tidak lagi diberikan. Di tabel tersebut, jelas sekali bahwa makanan tambahan pertama sebagai pendamping ASI adalah buah selama 4 minggu. Baru kemudian boleh diberikan bubur susu, dan setelah 4 minggu bubur susu, baru dimulai dengan bubur saring yang dibuat sendiri.

Lebih jauh dalam makalah yang dikirimkan bu Anung sudah ada petunjuk sebagai berikut.

  1. Sampai umur 4 bulan, bayi hanya diberi ASI. Jangan berikan makanan atau minuman lain, sebab ususnya belum bisa mencerna makanan lain selain ASI/ Susu Formula / Susu bayi kalengan. Jangan diberi susu kental manis/Susu Bendera/Dancow sebab itu bukan untuk bayi.
  2. Mulai umur 4 bulan, bayi diperkenalkan dengan buah. Dimulai dengan Pisang Ambon saja. Jangan pisang atau buah yang lain. Dan mulai memberinya 2 atau 3 sendok dulu. Kalau bayi suka dan tidak terjadi diare, besoknya boleh ditambah lagi jadi 6 sendok, terus bertahap sampai separoh pisang. Kalau tidak terjadi apa-apa, setelah 1 minggu boleh mulai diberi air jeruk (harus yang manis dan disaring). Kalau tidak terjadi apa-apa, seminggu kemudian boleh diberikan pepaya yang dikerok halus. Jangan diberi gula. Kalau bisa, sampai umur 1 tahun bayi tidak diberi gula dalam makanan / minumannya. Setelah 5 bulan, bayi boleh diberi 1 buah pisang kalau dia suka. Buah lain (Apel, Alpukat, dll.) baru boleh diberikan setelah 6 bulan. Setelah diberi buah, tunggu + 1/2 jam sebelum memberi ASI / Susu lagi.
  3. Untuk biskuit, bisa kue Marie Regal atau Biskuit Farley / Milna.
  4. Bubur susu diberikan setelah bayi berumur 4 bulan adalah bubur yang dibuat dari tepung beras merah dan dimasak dengan susu formula. Atau bisa juga bubur susu siap pakai seperti Promina, Nestle, Nutricia, khusus untuk bayi berumur 4 bulan. (Perhatikan tulisan di bagian depan kardusnya.)
  5. Jadwal pemberian ASI di atas hanya untuk panduan umum. Tetap berikan ASI bila bayi minta minum di luar jadwal di atas. Tapi kalau sudah mendekati jadwal makannya, lebih baik berikan makannya saja dulu. 1/2 jam atau 1 jam kemudian baru ASI diberikan lagi. Jangan lupa beri minum air putih 1 atau 2 sendok setiap setelah minum ASI / Susu. Semakin besar bayi, semakin banyak dan semakin sering pula air putih harus diberikan.
  6. Bubur saring dibuat dari beras yang dimasak dengan air, setelah mulai lunak / hampir jadi bubur, tambahkan 4 lembar bayam dicincang, sepotong wortel diparut, sepotong hati ayam atau ayam (2 x 2 cm) dicincang. Setelah matang lalu disaring. Mulailah dengan membuat bubur yang agak encer. Semakin bertambah usia bayi, bubur boleh semakin kental.
  7. Perlu diingat bahwa setelah 6 bulan, ketika makanan tambahan yang diberikan mulai banyak, kebutuhan bayi terhadap ASI akan semakin berkurang. Sesuaikan saja pemberian ASI dengan permintaannya.
  8. Setelah 1 tahun, bayi boleh mulai makan nasi lembek, tapi jadwal pemberian makannya sebaiknya tetap mengikuti jadwal di atas.

Mengingat tahunnya adalah 80-an maka tentu saja saat itu ASI eksklusif baru sampai dengan 4 bulan. Kita bisa memodifikasi lagi dengan tetap menyesuaikan dengan ASI eksklusif 6 bulan dan memulai yang diberikan pada saat 4 bulan di tabel ini di usia 6 bulan.

Silahkan ibu yang sudah punya putera 6 bulan mungkin ini bisa dijadikan semacam pedoman.

 

 

Sincerely,

Yohan Sutandang

0817 6521 083

PT ROYAL AUDREY MEGAH

Jl. Tentara Pelajar No. 5, Rukan Permata Senayan Blok A no 9

Jakarta Selatan Telepon 021-579-406-17 / 579-412-55

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar